Label

Jumat, 08 Maret 2013

Takoyaki (Jepang)



Takoyaki adalah makanan cemilan jepang yang biasa dibuat secara tradisional oleh keluarga-keluarga jepang secara rumahan.Pertama kali dibuat oleh Endo Tomekichi di tokonya yang bernama Aizu di Osaka.
Bentuknya bulat seperti baso, karena itu disebut juga baso panggang jepang (tako=octopus/gurita, yaki=panggang) karena cara pembuatannya tidak digoreng dalam minyak yang banyak, tetapi dipanggang dalam suatu cetakan setengah bulatan kemudian dibalik-balik sehingga berbentuk bulatan penuh.
Hal lain yang membedakan baso jepang dengan baso goreng biasa adalah bahan-bahan yang dipergunakan berbeda, yaitu: Tepung: menggunakan tepung gandum khusus takoyaki ditambah racikan bumbu khusus jepang ditambah telur.Daging: menggunakan potongan-potongan utuh sehingga terasa asli daging ketika disantap, tidak seperti baso biasa yang dagingnya dicincang halus.Sayuran: takoyaki ini menggunakan bawang daun khusus yang tidak bau ketika disantap
Taburan bumbu diatas takoyaki menambah selera dengan adanya:Saus jepang takoyaki sauce yang rasanya asam manis yang menambah selera. Mayonnaise kuning yang tidak neg dibandingkan mayonnaise putih.Katsuobushi (serutan ikan bonito sejenis tuna yang telah diasapkan) Nori cincang yang menambah warna, selera dan aroma khas makanan jepang.
Takoyaki ini enak disantap panas-panas secara langsung atau sebagai lauk dengan nasi.Bila dalam keadaan dingin, takoyaki akan lebih padat dan kenyal seperti baso, tetapi jika dipanaskan dalam microwave selama 30 detik atau diatas wajan teflon, maka takoyaki ini akan lembut kembali.

Takoyaki (たこ焼き ?) nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Di daerah asalnya, takoyaki biasa dijual antara 200-400 yen.
Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang.




Resep Takoyaki (Octopus Balls)
Bahan isi takoyaki :
• Baby octopus (bayi gurita) 200 gram, rebus dan cincang
• Tenkasu (rice crispy) secukupnya
Bahan adonan dasar takoyaki :
• Air 400 ml
• Konbu 10 cm, potong selebar 2 cm
• Katsuo-bushi 15 gram
• Tepung terigu protein rendah 200 gram
• Putih telur 4 butir
• Kuning telur 2 butir
• Margarin 2 sendok makan
Pendamping takoyaki :
• Bulldog saus 50 ml
• Saus inggris 25 ml
• Mayones 50 gram
• Benishoga (acar jahe) secukupnya
Cara membuat adonan dasar takoyaki :
1. Masukkan konbu dalam panci, masak di atas api kecil. Angkat beberapa saat sebelum air mendidih.
2. Campur katsuo-bushi dalam air rebusan konbu sambil di aduk selama 2 menit. Saring dan dinginkan.
3. Campur terigu, telur dan garam. Tuang air kaldu, aduk hingga rata. Sisihkan.
Cara membuat takoyaki :
1. Tuang adonan takoyaki pada cetakan yang sudah diolesi dengan margarin hingga penuh.
2. Taburi bagian atasnya dengan rice crispy dan masukkan baby octopus (bayi gurita). Masak di atas api kecil.
3. Bila sudah setengah matang, balik adonan dengan bantuan tusuk sate/ tusuk besi.
4. Masak hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan bersama saus pendamping dan benishoga.
5. Takoyaki adalah makanan cemilan jepang yang biasa dibuat secara tradisional oleh keluarga-keluarga jepang secara rumahan. Pertama kali dibuat oleh Endo Tomekichi di tokonya yang bernama Aizu di Osaka.

Bentuknya bulat seperti baso, karena itu disebut juga baso panggang jepang (tako=octopus ; yaki=panggang) karena cara pembuatannya tidak digoreng dalam minyak yang banyak, tetapi dipanggang dalam suatu cetakan setengah bulatan kemudian dibalik-balik sehingga berbentuk bulatan penuh.
6. Takoyaki ini enak disantap panas-panas secara langsung atau sebagai lauk dengan nasi. Bila dalam keadaan dingin, takoyaki akan lebih padat dan kenyal seperti baso.

Bahan pembuat takoyaki pun berbeda dari bahan pembuat baso biasa, yaitu menggunakan tepung gandum khusus ditambah dengan bumbu-bumbu khas takoyaki. Sedangkan untuk isinya sendiri berbeda dari baso- baso indonesia, karena menggunakan isi yang utuh (tidak dicincang). Isi takoyaki yang umum ditemukan di gerai-gerai penjualan takoyaki adalah: Octopus (gurita), Smoked beef, Cheese, Kani crab (kepiting), Chicken (ayam), Prawn (udang) dan Corn (jagung).
Daging isi takoyaki yang berupa potongan utuh tanpa dicincang, membuat rasa dari takoyaki menjadi special karena terasa sekali dalam gigitan, apalagi ditambah dengan taburan takoyaki yang menambah selera.
Taburan bumbu takoyaki yang kita gunakan di gerai Takoyaki kita berupa: Takoyaki Sauce khusus, Mayonnaise kuning yang tidak neg, Serutan ikan bonito yang diasapkan (katsuobushi) dan rumput laut cincang (nori) yang menambah selera dan aroma khas Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar